Membangun rumah secara mandiri, tentu berbeda dengan menggunakan jasa pemborong. Banyak hal yang harus Anda perhatikan, termasuk detail biaya membangun rumah. Terlebih di era pandemi seperti sekarang ini, dimana semua harga bahan bangunan naik drastis. 

Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah

Sebelum melakukan perhitungan rincian biaya untuk membangun rumah, ada baiknya Anda membuat prioritas dan membatasi anggaran yang keluar. Hal ini untuk mencegah terjadinya pemborosan. Karena biasanya jika Anda tidak membuat prioritas atau membatasi anggaran yang keluar, biaya pembangunan rumah menjadi membengkak dan keuangan Anda terkuras habis.

1. Pentingnya Catatan Detail akan Tujuan dari Biaya Membangun Rumah

Tak hanya merinci kebutuhan bahan bangunan, tujuan dari Anda membangun rumah pun harus dirinci. Agar Anda dapat memilih, mana yang betul-betul kebutuhan yang harus ada di sebuah rumah ataukah hanya keinginan Anda saja. Misalnya jika biaya membangun rumah terbatas dan Anda butuh untuk membuat kamar mandi, jangan membuat kamar mandi Anda dengan bathtub di dalamnya.

Cukup dengan membuat bak mandi biasa atau ember besar sebagai penampungan air. Karena bathtub yang biasa dipakai di hotel, sangatlah mahal harganya. Selain fungsinya juga kurang pas jika hanya digunakan untuk perumahan. Itulah sebabnya Anda perlu memiliki tujuan. 

2. Perhatikan Prioritas dan Manfaat untuk Menentukan Biaya Membangun Rumah

Dalam membuat prioritas, tentunya akan lebih efektif jika Anda paham manfaatnya. Seperti jika Anda memprioritaskan untuk membuat pagar terlebih dahulu, dibanding mengecat rumah. Hal ini karena Anda menilai manfaat dari pagar itu jauh lebih besar, seperti bisa melindungi kendaraan Anda dari pencuri.

3. Jadilah Arsitek dan Hitung Per Meter Persegi Detail Biaya Membangun Rumah

Jika Anda tidak menyewa jasa arsitek desain untuk menggambar bentuk rumah Anda, maka jadilah arsiteknya. Ya, Anda sendiri yang harus menggambar bentuk dan denahnya. Tentukan pula ukuran dan hitunglah berapa per meter perseginya. Dengan demikian Anda punya gambaran detail biaya membangun rumah idaman. 

4. Hitung Biaya Membangun Rumah Selain Pembangunan

Biaya lain di luar pembangunan biasanya berupa biaya administrasi, IMB, pajak atau bisa berupa barang-barang perabotan rumah tangga berikut dekorasinya. Tentu semua itu tidak bisa Anda abaikan begitu saja, bukan? Walau bisa Anda beli kemudian atau dibeli secara bertahap, namun tetap saja harus masuk perhitungan.

Demikian 4 tips menghitung estimasi biaya membangun rumah, agar tidak menghabiskan seluruh tabungan Anda. Sebagai catatan jangan lupa untuk menyisihkan pula 10% untuk biaya tak terduga dari seluruh perkiraan pengeluaran. Selamat berhitung dan mulai membangun ya. 

 

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *